June 15, 2021

Tampil Sebagai Pemain Pengganti Dembele Selamatkan Barcelona dari Kekalahan HASIL Liga Spanyol

Hasil Liga Spanyol pekan 16 berakhir imbang bagi kubu Barcelona yang baru saja melakoni pertandingan kandang. Barcelona harus puas bermain imbang 1 1 ketika berhadapan dengan Eibar di Camp Nou, Rabu (30/12/2020) dini hari. Pasukan Ronald Koeman sendiri sebelumnya harus tertinggal lebih dahulu ketika Kike menciptkan gol pada menit 57.

Namun berkat dimasukannya Ousmane Dembele sebagai pemain pengganti di babak kedua berhasil menjadi penyelamat Barcelona dari kekalahan. Dembele mencetak gol penyeimbang pada menit 67 setelah memanfaatkan umpan dari Junior Firpo. Atas hasil berbagi poin ini, Barcelona masih nangkring di posisi 6 dengan 25 poin dari 15 laga. Sedangkan Eibar tertahan di posisi 14 dengan 16 poin.

Barcelona yang bertindak sebagai tuan rumah langsung tampil menyerang pertahanan Eibar. Itu terlihat ketika Junior Firpo mendapatkan peluang dari batas kotak penalti dengan percobaan tembakan spekulasinya pada menit 4. Bola hasil tembakan Firpo tersebut masih mampu diblokir oleh salah satu pemain bertahan lawan dan menghasilkan sepak pojok pertama pada pertandingan ini.

Sepak pojok yang dieksekusi oleh Miralem Pjanic tidak menghasilkan peluang berbahaya bagi Barcelona. Kesempatan berikutnya Barcelona datang dari penetrasi yang dilakukan oleh Ronald Araujo. Araujo melaju ke dalam kotak penalti Eibar pada menit 5 dan terjadi kontak dengan pemain tim tamu.

Terjadinya kontak yang menyebabkan Araujo terjatuh dilihat oleh sang pengadil lapangan. Wasit pun memutuskan sepakan penalti untuk kubu Barcelona akibat dijatuhkannya Araujo. Martin Braithwaite yang melaju sebagai eksekutor penalti gagal menjalankan tugasnya dengan sempurna.

Tendangan Braithwaite pun hanya melebar tipis dari tiang kiri gawang Eibar yang dijaga oleh Dmitrovic. Setelah gagalnya penalti ini, Barcelona makin meningkatkan serangannya ke pertahanan Eibar. Tuan rumah yang dijuluki Blaugrana ini tampil mengurung pertahanan Eibar hingga menunjukan menit ke 20.

Menit ke 25 Braithwaite hampir saja menebus kesalahan penaltinya dengan gol cantik. Namun gol yang dicetak penyerang asal Denmark tersebut dianulir oleh wasit akibat terjebak dalam posisi offside lebih dulu. Eibar akhirnya mendapat kesempatan untuk gantian menyerang pertahanan Barcelona pada menit 36.

Kesempatan ini didapatkan oleh Takashi Inui yang melakukan pergerakan berbahaya. Pergerakan berbahaya Inui pun sempat dijatuhkan oleh pemain bertahan Barcelona. Namun terjatuhnya Inui tidak digubris oleh wasit karena dinilai tak terjadi kontak berbahaya.

Peluang Inui yang menebar ancaman ke pertahanan Barcelona pun sekaligus mengakhiri babak pertama. Skor imbang tanpa gol bertahan hingga turun minum. Setelah turun minum, Ronald Koeman coba mengotak atik strategi dengan memasukkan Ousmane Dembele, menggantikan Sergino Dest.

Masuknya Dembele langsung terlihat peningkatan dari serangan yang dilakukan Barcelona. Bakan ia nyaris memecah kebuntuan pada menit 57 saat berada dalam posisi satu lawan satu dengan kiper Eibar, Marko Dmitrovic pada menit ke 57. Kesempatan Dembele dengan tembakannya dari jarak dekat masih bisa dijangkau oleh penjaga gawang Eibar, Dmitrovic.

Asik menyerang justru Barcelona harus kebobolan selang semenit dari peluang yang dihasilkan Dembele tersebut. Eibar berhasil mencuri gol pembuka dengan memanfaatkan kesalahan fatal yang dilakukan palang pintu Barcelona, Ronald Araujo. Kontrol tak sempurna Araujo menjadi jalan bagi striker Eibar, Kike Garcia untuk membobol gawang Barcelona.

Tanpa hadangan satu pun pemain Barca yang ketinggalan di belakang, Kike dengan tenang menceploskan bola ke sudut kanan gawang Marc Andre Ter Stegen. Respons segera diberikan oleh Barcelona. Keunggulan Eibar hanya berumur 10 menit usai Ousmane Dembele menceploskan operan silang manis Junior Firpo dari sisi kiri. Gol tersebut diawali oleh kerja sama apik yang melibatkan Firpo dan pemain pengganti, Philippe Coutinho.

Ter Stegen (Gk); Dest, Araujo, Lenglet, Mingueza, Junior, De Jong, Pjanic, Pedri, Griezmann, Braithwaite. Dmitrovic (Gk); E. Burgos, Bigas, Sergio A, Pape Diop, Exposito, Rafa Soares, Inui, Kike Garcia, Kadzior, Pozo.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *