December 1, 2021

Cara Mengetahui Cairan Rem yang Ada di Mobil yang Sudah Basi

Rem merupakan salah satu bagian terpenting dari sebuah mobil. Tanpa fitur tersebut, tidak mungkin mengurangi kecepatan mobil atau motor. Cairan rem yang ada di mobil bekerja sangat sederhana. Kampas melekat pada disk yang berputar dengan roda. Semakin kencang kampas menempel, semakin lambat kendaraan yang akan menurun secara perlahan. 

Dulunya, kampas rem digerakkan secara mekanis menggunakan tuas. Rem pada model mobil ini disebut rem tromol. Kemudian berubah menjadi rem cakram. Tidak seperti tromol, rem cakram menggunakan cairan khusus untuk menekan lapisan pada cakram. Cairan ini disebut minyak rem.

Ciri Minyak Rem Mobil yang Basi

Minyak rem mobil, seperti halnya pelumas mesin, memiliki masa pakai. Bedanya, oli mesin perlu diganti setiap beberapa bulan sekali. Sedangkan minyak rem harus dikuras dan diisi ulang dalam waktu dua tahun. Kegagalan untuk melakukannya dapat mengakibatkan konsekuensi yang tidak diinginkan tentunya mulai dari kerusakan ringan hingga berat.

Misalnya rem kurang licin dan muncul gelembung-gelembung putih di reservoir minyak rem. Busa dapat terjadi karena minyak rem kendaraan cenderung menyerap uap air. Akibatnya, titik didihnya turun.  Dengan penggunaan rem yang optimal, panas yang dihasilkan oleh gesekan kampas akan diserap oleh oli. Saat titik didih diturunkan, minyak rem bisa memanas dan menimbulkan gelembung putih. Jika ini terjadi, maka akan mempengaruhi kinerjanya.

Mengganti Minyak Rem Mobil

Minyak rem bersama dengan oli mesin adalah minyak rem otomotif yang harus diganti secara berkala di perangkat keselamatan kendaraan. Disarankan untuk untuk menggantinya sesuai dengan manual servis mobil Anda.

Minyak rem terbuat dari bahan sintetis asam. Rem bekerja dengan mengubah energi kinetik menjadi panas. Sebab, suhu rem saat beroperasi bisa mencapai 200 derajat Celcius. Pada suhu tinggi ini, cairan khusus dengan ketahanan panas yang lebih tinggi, seperti minyak rem, diperlukan.

Jika Anda membutuhkan cairan rem yang ada di mobil yang berkualitas untuk mobil kesayangan Anda, cobalah untuk mengunjungi www.autochem.id. Ada banyak pilihan berbagai produk untuk mobil, bukan hanya minyak rem saja yang pastinya dengan harga yang terjangkau dan berkualitas. 

Deskripsi : cairan rem yang ada di mobil tentunya bisa basi dan akan menunjukkan beberapa ciri-ciri yang tentu perlu diperhatikan. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *